Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Wednesday, July 23, 2014

Tetap Cantik Saat Hamil, Ini Tipnya

Bagi banyak wanita hamil yang ingin tampil cantik, produk kecantikan kerap menjadi masalah. Namun, ada saran aman dari ahli kecantikan yang bisa diterapkan.

“Wanita menghadapi banyak ketidakpastian karena tubuh mereka mengalami perubahan selama kehamilan dan banyak yang khawatir mengenai bagaimana bisa tampil terbaik,’ ujar Dr. Mary Rosser dari Department of Obstetrics, Gynecology, and Women’s Health di Montefiore Medical Center, Montefiore, seperti dikutip situs Health Day edisi 30 April 2013.

Dikatakan Rosser, wanita harus menghindari penggunaan pewarna rambut selama kehamilan. Jika tetap ingin mengecat rambut mereka, para ibu hamil disarankan melakukannya setelah trisemester pertama. Mereka harus menjelaskan kepada penata rambut mengenai kehamilannya dan meminta untuk menghindarkan bahan kimia agar tidak menyentuh kulit kepala mereka.

Masalah utama dari pewarnaan rambut adalah menghirup bau amonia yang bisa membahayakan perkembangan bayi pada tiga bulan pertama kehamilan. Asap dari proses pelurusan rambut ini juga merupakan masalah tersendiri, ujar Rosser.

Mengecat rambut bisa jadi lebih aman sebab pewarna rambut tertutup dan tidak menyentuh kulit. Henna, pewarna alami, merupakan pilihan paling baik selama kehamilan.

Wanita hamil juga bisa menjalani proses manikur setelah trisemester pertama. Jangan lupa mengecek kebersihan alat yang digunakan dan minta petugas untuk tidak memotong kulit ari mereka. Hal ini akan mencegah terpapar kuman, kata Rosser, yang juga asisten profesor di Albert Einstein College of Medicine di Yeshiva University, New York City.

Selain itu wanita hamil juga disarankan menghindari kuku akrilik. Bahan kimia dan adesifnya mengandung cyanoacrylate yang bisa berbahaya. Bahan ini bisa terhisap saat kuku dipasang, jadi kenakan masker dan pastikan ada ventilasi yang baik di dalam salon, ungkap Rosser.

Bagi wanita hamil yang berjerawat, sebaiknya menggunakan kosmetik bebas minyak dan membersihkan wajah mereka dua kali sehari dengan pembersih dan air hangat. Jika jerawat tetap ada, minta dokter untuk memberikan resep untuk erythromycin. Jangan gunakan Retin A atau tetracycline yang bisa menyebabkan kelahiran cacat.

“Yang paling penting dari semua itu adalah bahwa ini merupakan waktu membahagiakan dalam hidup Anda dan Anda cantik secara alami karena menjadi wanita hamil,” ujar Rosser. “Selama Anda membuat pilihan cerdas, Anda bisa menikmati kehamilan, terlihat cantik, dan merasa sehat serta mempunyai bayi yang sehat.”

No comments:

Post a Comment