Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Wednesday, July 30, 2014

Menjaga Kehamilan 7-9 Bulan

Anak bagi pasangan suami istri merupakan anugerah terindah dari Tuhan. Pada saat sang istri memasuki usia kehamilan, butuh perhatian yang sangat besar baik dari sang calon bunda dan calon ayah.


Di bawah ini adalah beberapa tips menjaga kehamilan di usia 7-9 bulan agar bayi dan ibu sehat dan selamat setelah persalinan. Lakukan olahraga ringan ketika sang calon ibu sedang menikmati waktu kesendiriannya, tidak ada salahnya bagi sang calon ibu untuk melakukan olahraga kecil untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh sang bunda.
Olahraga ringan yang dilakukan oleh ibu hamil sangat bagus dan sangat dianjurkan oleh para dokter kandungan. Olahraga ringan berfungsi untuk membantu pergerakan otot tubuh sang bunda
sehingga akan memudahkan sang bunda pada saat persalinan nanti.
Tidak hanya untuk bunda saja,  bayi yang ada di kandungan bunda juga  ikut mendapatkan
keuntungan dari kegiatan olahraga ringan yang dilakukan oleh sang bunda. Bayi akan
mendapatkan nutrisi yang cukup dari darah yang dibawa melalui peredaran darah sang bunda
yang lancar. Betul sekali, olahraga ringan yang sering dilakukan oleh sang bunda dapat
membantu memperlancar peredaran darah sang bunda sehingga penyaluran nutrisi untuk bayi yang masih dalam kandungan sang bunda sangat lancar olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh sang bunda antara lain:
jalan santai di luar ruangan di pagi hari dan berenang. Kedua jenis olahraga ringan tersebut adalah olahraga yang aman untuk wanita hamil karena tidak akan menimbulkan guncangan yang cukup berbahaya untuk bayi yang ada di kandungan sang bunda.
Hindari membungkuk berjalan atau berdiri dengan posis tubuh sedikit membungkuk yang dilakukan oleh wanita hamil akan menimbulkan rasa sakit dan pegal pada punggung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari posisi tubuh sepeprti membungkuk demi kenyamanan dan kesehatan.
Jangan pakai sepatu heel tinggi bagi anda yang sedang hamil sebaiknya jangan memakai sepatu heel tinggi karena sangat berbahaya bagi anda dan calon buah hati anda. Beban tubuh anda yang semakin berat karena adanya sang bayi di dalam tubuh anda  akan lebih beresiko bagi anda ketika anda memakai sepatu heel tinggi.
Selain larangan memakai sepatu heel tinggi, anda sebaiknya jangan melakukan gerakan tiba-
tiba pada saat anda menjalani masa kehamilan. Ikuti Kegiatan senam hamil dan Yoga
Senam hamil akan membantu anda untuk melatih kekuatan otot perut atas, perut bawah, dan otot yang terdapat pada organ intim wanita yang nantinya akan sangat berperan pada saat persalinan.
Kemudian kegiatan yoga juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil karena yoga bisa membuat mereka menjadi lebih rileks, damai, dan tenang.  Kondisi pikiran dan tubuh yang rileks tanpa adanya stress akan sangat baik untuk kesehatan sang bayi.
Posisi tidur menyampig/ miring, para dokter kandungan menyarankan kepada semua wanita hamil untuk mengatur posis tidur . Posis tidur yang sangat baik untuk wanita hamil adalah posisi miring atau menyamping dengan lutut yang ditekuk. Letakan bantal di antara lutut yang ditekuk dengan perut agar bayi merasa nyaman

No comments:

Post a Comment