Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Wednesday, July 2, 2014

Bagaimana Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang benar

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir


Biasanya untuk beberapa hari setelah melahirkan, urusan memandikan bayi akan diserahkan pada bidan atau ibu ataupun ibu mertua karena merasa tidak pede kalau harus memandikan sendiri bayinya hingga tali pusatnya lepas.
Nah, untuk menambah referensi jika Anda termasuk yang masih canggung untuk memandikan bayi sendiri atau sedang menunggu kelahiran anak pertama, berikut tips cara memandikan bayi baru lahir yang benar agar saat-saat memandikan menjadi saat yang menyenangkan untuk Anda dan si kecil.

cara memandikan bayi baru lahir 300x240 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Tips cara memandikan bayi baru lahir

Sebenarnya bayi baru lahir tidak perlu dimandikan setiap hari, karena mereka memang masih bersih dan belum berkeringat seperti orang dewasa. Apalagi bila tali pusatnya belum kering dan lepas, sebaiknya jangan memandikannya dengan cara merendam di bak mandi bayi. Cukup dengan menyeka menggunakan kain halus yang sudah dibasahi dengan air hangat. Yang perlu dibersihkan/diseka adalah bagian wajah, leher dan tangan. Kalau bagian-bagian ini memang perlu dibersihkan setiap hari.
Nah, jika tali pusat sudah kering dan lepas sendiri, Bunda bisa mulai memandikan dengan memasukkannya ke bak mandi bayi, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memandikan si kecil :
Sebaiknya, bunda sudah mempersiapkan dulu semua keperluan mandi si kecil sebelum mulai memandikannya seperti handuk, popok, sabun dll. Hal ini agar bunda tidak perlu meninggalkan si kecil pada saat memandikannya untuk mengambil keperluan mandi.
  • Agar bayi tetap nyaman, sebaiknya jangan memandikannya ketika sehabis makan, mengantuk atau terlalu lelah.

Cara memandikan bayi baru lahir – persiapan yang harus dilakukan :

  1. Sebelum memandikan si kecil, pastikan bahwa ruangan tidak terlalu dingin. Jika ruaangan menggunakan AC, sebaiknya matikan dulu AC nya agar bayi tidak kedinginan saat selesai mandi atau mengganti bajunya.
  2. Bila si kecil akan dimandikan menggunakan air hangat menggunakan bak, masukkan air hangat ke dalam bak lalu tes dulu menggunakan siku bunda apakah terlalu panas atau tidak.
  3. Buka pakaian yang digunakan , terlebih dahulu bersihkan bagian wajah menggunakan kain lembut. Untuk bagian telinga luar dan mata, gunakan bola kapas yang dibasahi air hangat dan diperas.
  4. Bila sebelumnya si kecil buang air kecil atau pup, bersihkan dulu bagian yang terkena kencing atau pup tersebut hingga bersih,baru bayi dimandikan.
  5. Sangga badan bayi dengan satu tangan bunda , lalu gunakan tangan yang lainnya untuk membersihkan badannya.
  6. Berikan sabun dan shampo khusus bayi lalu bilas perlahan.
  7. Bersihkan leher, telapak tangan serta ketiak, jangan lupa bersihkan juga semua lipatan pada tubuh bayi seperti pantat dan selangka.
  8. Jika dirasa sudah cukup membersihkannya, angkat dan letakkan tubuh si kecil diatas handuk lembut khusus bayi. Untuk mengeringkan tubuhnya, cukup tekan-tekan tubuhnya menggunakan handuk tersebut jangan dengan menggosoknya.
  9. Setelah kering baru pakaikanlah baju.

No comments:

Post a Comment