Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Wednesday, July 2, 2014

Bayi Lahir

Kelahiran bayi adalah akhir dari penantian panjang seorang ibu hamil yang mengandung selama 9 bulan. Kehadiran seorang bayi yang sehat dan lucu seakan menghapus rasa susah mengandung selama 9 bulan yang dijalani dengan tidak mudah. Harapan untuk bayi yang sehat, lucu tetapi ada juga rasa khawatir akankah bayi terlahir tak seperti yang diharapkankan. Semua Ibu menginginkan bayinya sehat dan sempurna. Namun, banyak pula orang tua yang tak tahu kondisi normal bayi sesaat sesudah Ia dilahirkan, hingga banyak anggapan salah tentang kondisi bayi baru lahir. Berikut adalah gambaran tentang kondisi normal bayi sesaat sesudah dilahirkan.

Bayi yang baru dilahirkan mungkin penuh lumuran darah dan cairan amniotik, terkadang juga dengan vernix, yakni substansi seperti keju yang melindungi kulit bayi saat masih ada dalam rahim.



Kulit bayi lahir yang masih baru mungkin dilapisi oleh bulu halus hitam, bernama lanugo, yang akan hilang dalam dua bulan kehidupan awalnya. Warna kulit awalnya kelihatan biru tua, namun sesudah bayi mulai bernafas akan berubah jadi merah jambu sehat



Umumnya bayi akan menangis saat dilahirkan, meski ada pula yang mulai bernafas perlahan. Jika bayi tak segera bernafas, segera gosokkan punggungnya atau mengurut tapak kakinya untuk merangsang pernafasan bayi. Kepala bayi lahir yang masih baru seringkali tampak salah bentuk dan lancip sebab akibat dari perjalanannya dalam melalui saluran kelahiran.

Bentuk kepalanya sementara ini dimungkinkan sebab bayi memiliki 5 tulang kepala yang disatukan selaput liat. Pengaturan seperti ini yang fleksibel, memungkinkan kepala dapat berubah bentuk agar lebih pas dengan pelvis ibunya. Bila tahap kedua upaya melahirkan lebih lama, mungkin anda dapat memperhatikan terdapatnya benjolan di kepala bayi yang disebut caput, terbentuk saat kepala bayi terdorong di leher rahim yang melebar. Benjolan tersebut akan menghilang saat 48 jam kehidupannya pertama.



Wajah bayi baru lahir seringkali terlihat datar, dengan hidung, telingga dan pipi tampak berkerut atau lecet. Kerutan serta lecet ini biasanya akan hilang pada hari pertama Ia dilahirkan, sementara bayi akan pulih sebagai akibat persalinan. Banyak bayi yang lahir dengan kepala yang telah penuh rambut. Rambut ini seringkali rontok selama beberapa bulan pertama sejak kelahirannya, dan selanjutnya akan tumbuh kembali. Leher bayi baru lahir kemungkinan terlihat sangat pendek serta tersembunyi. Tali pusat yang membawa darah dari serta menuju plasenta jadi tembus pandang serta terasa seperti agar-agar sesudah dipotong. Sedangkan potongan tali pusar yang mengering warnanya berubah jadi kuning dan akhirnya terlepas. Ketika bayi lahir, tangan dan kakinya akan kelihatan berwarna lebih gelap ketimbang bagian tubuh lain, namun seiring dengan bertambahnya usia, bagian tersebut akan lebih merah jambu. Anda akan melihat terdapat kerutan serta garis-garis di sepanjang lipatan kulitnya. Kaki serta lengan biasanya terlipat karena akibat kondisi tertekuk di dalam rahim sang ibu. Kondisinya akan tetap seperti itu selama beberapa bulan pertama kelahirannya. 

No comments:

Post a Comment