Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Tuesday, July 1, 2014

Proses melahirkan/persalinan pada manusia

Proses melahirkan/persalinan pada manusia


Melahirkan adalah ujung dari proses penantian yang panjang selama kehamilan. Pada manusia usia kehamilan hingga melahirkan rata-rata 280 hari. Ada perbedaan penyebutan untuk menggambarkan usia kehamilan, dokter kandungan menyebut 40 minggu dihitung dari hari pertama mens terakhir dan berpedoman bahwa 1 bulan adalah 28 hari. Orang awam sering menyebut 9 bulan 10 hari dengan anggapan 1 bulan 30 hari. Semuanya tepat, tergantung dari mana pedoman atau patokan yang dianut.

Persalinan adalah proses keluarnya janin dari dalam rahim ke dunia luar.
Proses Persalinan dapat dilakukan melalui jalan lahir/vagina (persalinan pervaginam) atau persalinan melalui sayatan pada dinding perut dan dinding rahim (persalinan perabdominam) atau dikenal dengan bedah sesar (seksio sesarea).
Pada manusia 90 % persalinan dapat dilakukan melalui jalan lahir, hanya sebagian kecil yang membutuhkan persalinan melalui operasi/ bedah sesar.
Persalinan melalui vagina sering kali awam disebut persalinan normal. Memang benar namun ada perbedaan antara persalinan normal dengan persalinan spontan. Pada persalinan pervaginam dapat dilakukan secara spontan (menggunakan tenaga dan usaha ibu sendiri) atau menggunakan bantuan alat khusus. Sedangkan pada persalinan normal adalah persalinan spontan pada presentasi kepala (kepala keluar lebih dahulu)

Persalinan normal
Persalinan normal  adalah persalinan pada presentasi  belakang kepala (kepala janin lahir terlebih dahulu) melalui jalan lahir/vagina.  Janin cukup bulan (38-42 minggu), lahir spontan / tanpa memakai alat, tidak menimbulkan komplikasi pada ibu maupun bayi dan berlangsung dalam waktu 18-24 jam.
persalinan normal Proses melahirkan/persalinan pada manusia


Persalinan Spontan
Persalinan spontan merupakan definisi umum persalinan yang lahir melalui vagina tanpa bantuan peralatan khusus. Sepenuhnya mengandalkan tenaga dan usaha ibu. Persalinan dapat terjadi pada presentasi kepala /persalinan normal atau presentasi bokong (sungsang). Walaupun risiko persalinan sungsang 3 kali lebih berbahaya dibanding dengan persalinan kepala namun tetap dapat dilakukan.
sungsang1 Proses melahirkan/persalinan pada manusia


Persalinan patologis / dengan bantuan
Selain itu persalinan melalui vagina (pervaginam) dapat pula dilakukan dengan bantuan dokter menggunakan alat khusus . Penggunaan bantuan alat hanya dapat dilakukan pada presentasi kepala. Peralatan yang digunakan misalanya “vakum”  yang menyedot kepala janin (disebut juga sebagai ekstraksi vakum) atau menggunakan forsep (alat mirip tang) yang menjepit dan menarik kepala janin (ekstraksi forseps).
vakum forsep1 300x240 Proses melahirkan/persalinan pada manusia


Pada persalinan sungsang dapat pula dokter berperan secara aktif untuk membantu ibu untuk melahirkan bokong sampai kepala dengan cara ekstraksi/ menggunakan manuver tertentu untuk melahirkan bokong, bahu dan kepala janin.
sungsang dengan alat Proses melahirkan/persalinan pada manusia


Apabila setelah melalui pemeriksaan teliti proses persalinan tidak dapat dilakukan melalui jalan lahir, maka persalinan dilakukan melalui jalan operasi /pembedahan. Pengeluran janin melalui pembedahan dimana janin dilahirkan melalui irisan pada dinding perut dan dinding rahim.  Tindakan ini dinamakan pembedahan Seksio Sesarea atau dikenal juga dalam bahasa Inggris dengan nama Cesarean section / C-Section
seksio 300x238 Proses melahirkan/persalinan pada manusia

No comments:

Post a Comment