Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Sunday, July 27, 2014

Kehamilan: Tri-semester Ketiga (Bulan 7-9)

Kehamilan: Tri-semester Ketiga (Bulan 7-9)
Sekarang Anda telah mencapai trimester ketiga, tidak lama lagi bayi kecil Anda akan lahir! Ini adalah bagian yang paling menantang dari kehamilan Anda. Baca artikel ini untuk mengetahui mana gejala yang normal dialami selama tri-semester ketiga dan mana yang mengharuskan Anda segera ke dokter.
Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil selama Tri-semester Ketiga:
Sakit punggung.
Penambahan berat badan menempatkan tekanan lebih pada punggung Anda, membuat Anda merasa pegal dan sakit. Anda juga mungkin merasa tidak nyaman pada panggul dan pinggul anda karena sekarang otot-otot sedang meregang mempersiapkan diri untuk melahirkan.
Untuk mengurangi tekanan pada punggung Anda:
  • biasakan selalu dalam posisi postur tubuh yang benar.
  • Duduk dengan tegak dan selalu gunakan kursi yang memberikan dukungan yang baik pada tulang punggung Anda.
  • Tidurlah miring pada sisi tubuh Anda dengan bantal terselip antara kaki.
  • Kenakan sepatu bertumit rendah dengan dukungan lengkungan yang baik
  • Gunakan bantal pemanas untuk meredakan nyeri dan bila perlu, tanyakan pada dokter Anda apakah boleh mengkonsumsi asetaminofen.
Perdarahan.
Kadang-kadang bercak dapat menjadi suatu pertanda serius. Plasenta previa (plasenta menutupi leher rahim), terpisahnya plasenta dari dinding rahim, atau persalinan prematur, bisa menyebabkan bercak. Hubungi dokter Anda segera saat Anda mengalami pendarahan.
Kontraksi Braxton Hicks.
Anda mungkin mulai merasa kontraksi ringan, yang mempersiapkan rahim untuk proses kelahiran. Kontraksi-kontraksi ini tidak se-intens kontraksi persalinan yang sebenarnya, namun dapat berujung pada kelahiran. Perbedaan utama adalah kontraksi yang sebenarnya berjarak lebih dekat satu sama lain dan secara bertahap menjadi lebih sering dengan selang yang lebih pendek. .Jika wajah Anda memerah dan berasa kehabisan napas setelah kontraksi, atau kontraksi datang secara teratur, segera hubungi dokter Anda.
Pembesaran payudara.
Pada akhir kehamilan, payudara Anda akan tumbuh sebanyak 2 kilogram. Pastikan Anda mengenakan bra pendukung sehingga punggung Anda tidak menderita. Semakin dekat dengan tanggal kelahiran, Anda mungkin akan mulai melihat cairan kekuningan keluar dari puting Anda. Zat ini, yang disebut kolostrum, akan memelihara bayi Anda dalam beberapa hari pertama setelah lahir.
Keputihan.
Semakin mendekati hari H, Anda mungkin akan melihat cairan yang keluar dari vagina menjadi lebih kental, jernih atau bahkan dan sedikit merah karena darah. Ini adalah pertanda bahwa rahim sudah mulai melebar dan mempersiapkan diri untuk proses melahirkan.
Kelelahan.
Anda mungkin merasa energik di trimester kedua, tetapi sangat lelah sekarang. Membawa berat ekstra, bangun beberapa kali selama malam untuk pergi ke kamar mandi, dan rasa cemas mendekati hari H dapat membuat Anda merasa sangat capai. Makanlah makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Ketika Anda merasa lelah, cobalah untuk tidur siang, atau setidaknya duduk dan bersantai selama beberapa menit.
Sering buang air kecil.
Sekarang bayi Anda lebih besar, kepala bayi dapat menekan kandung kemih. Hal ini membuat Anda sering merasa ingin buang air kecil. Pada beberapa wanita hamil, batuk, bersin, tertawa, atau berolahraga pun dapat mendorong perasaan ingin buang air kecil. Hal ini wajar. Namun jika Anda mengalami rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil, Ini bisa menjadi tanda-tanda infeksi saluran kemih. Segera hubungi dokter Anda.
Mual dan sembelit.
Disebabkan oleh produksi ekstra dari hormon progesteron, yang melemaskan otot-otot tertentu.
Untuk mengatasi mual, cobalah makan lebih sering dengan porsi kecil sepanjang hari dan menghindari makanan berminyak, pedas, dan asam (seperti buah jeruk).
Untuk sembelit, tingkatkan asupan serat dan cairan anda. Jika Mual atau sembelit benar-benar mengganggu Anda, konsultasikan dengan dokter Anda obat yang aman untuk ibu hamil.
Sesak napas.
Rahim Anda saat ini memperluas diri hingga tepat di bawah tulang rusuk Anda, meninggalkan sedikit ruang untuk paru-paru. Tekanan yang ditambahkan pada paru-paru Anda dapat membuatnya lebih sulit untuk bernapas. Berolahraga dapat membantu dengan sesak napas. Anda juga dapat mencoba menopang kepala dan bahu dengan bantal saat Anda tidur.
Spider Veins dan Varises.
Sirkulasi telah meningkat untuk mengirim darah ekstra bagi bayi Anda . Aliran darah berlebih ini dapat menyebabkan pembuluh darah jaringan kecil timbul pada kulit Anda. Dikenal sebagai Spider veins, umumnya mereka akan memudar setelah bayi Anda lahir.
Tekanan pada kaki dari bayi Anda dapat menyebabkan beberapa pembuluh darah di permukaan kaki Anda menjadi bengkak dan biru atau ungu. Ini disebut varises. Meskipun tidak ada cara untuk menghindari varises, Anda dapat mencegah mereka dari semakin parah dengan:
  • Bangun dan bergerak sepanjang hari
  • Menggunakan kaos kaki ketat yang mensupport kaki.
  • Menopang kaki Anda setiap kali Anda Harus duduk untuk jangka waktu yang lama.
Varises akan memudar dalam beberapa bulan setelah Anda melahirkan.
Pembengkakan.
Cincin Anda mungkin merasa ketat hari ini, dan Anda juga mungkin merasa pergelangan kaki dan wajah Anda terlihat “menggelembung”. Pembengkakan ringan adalah hasil dari retensi cairan yang berlebihan (edema).
Untuk mengurangi pembengkakan, sanggah kaki Anda di bangku setiap kali Anda duduk untuk waktu yang lama, dan angkat kaki Anda saat tidur. Jika Anda tiba-tiba mengalami pembengkakan, segera cek dengan dokter Anda karena bisa menjadi preeklamsia, komplikasi kehamilan yang berbahaya.
Berat badan.
Pada akhir kehamilan Anda, kenaikan berat badan yang normal adalah 11kg sampai 16kg (Dokter Anda mungkin menyarankan kenaikan berat yang berbeda bila berat badan Anda tidak normal sebelum memulai kehamilan. Jika bayi Anda tampaknya terlalu kecil atau terlalu besar berdasarkan ukuran perut Anda, Dokter Anda akan melakukan USG untuk memeriksa pertumbuhannya.
Tanda Bahaya.
Bila Anda mengalami hal-hal berikut, segera hubungi dokter kandungan Anda:
  • • Nyeri perut yang parah atau kram
  • Mual atau muntah yang parah
  • Pendarahan
  • Pusing berlebihan dan terus menerus
  • Rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil
  • Berat badan yang naik terlalu cepat atau terlalu sedikit

No comments:

Post a Comment