Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Sunday, July 20, 2014

Infeksi Saluran Kemih

Beberapa dari uretra atau leher kandung kemih pada pasien dengan lesi obstruktif, karena setiap buang air kecil, yang selalu meninggalkan sisa urin dikandung kemih, sehingga peningkatan frekuensi buang air kecil. Striktur uretra, phimosis, pasien sklerosis leher kandung kemih prostat dan perempuan mengalami leher kandung kemih sclerosis, sering untuk buang air kecil tidak lancar sementara jumlah fenomena buang air kecil meningkat.
Singkatnya kita tahu bahwa air kencing fisiologi normal, tetapi juga menghasilkan buang air kecil seringmungkin karena fisiologis, mungkin patologis, jadi jika ada gejala sering buang air kecil, mereka harus dianalisis, pada akhirnya adaloah fisiologus atau patologis, jika diperlukan, perubahan gaya hidup atau memperbaiki kondisi mental, gejala frekuensi urin mungkinmenghilang. Jika patologis, haris diagnosisi dan pengobatan dari praktisi medis untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Posted in Penyebab Infeksi Saluran Kemih | Tagged  | Leave a comment

Fisiologis Ginjal dan Sistem Kemih

Beberapa orang buang air kecil lebih sering dari biasanya atau bahkan setiap setengah jam akan buang air kecil. Fenomena peningkatan frekeunsi buang air kecil yang berlebihan mungkin karena sifat fisik, dapat juga karena patologis, jadi harus membuat analisis spesifik. Umumnya karena musim, kebiasaan hidup dan mental juga akan mempengaruhi frekuensi buang air kecil. Misalnya, ketika cuaca menjadi dingin, keringat berkurang, output urine dapat ditingkatkan, beberapa orang suka minum air, oleh karena itu kuantitas air dan output urine juga akan meningkat. Beberapa orang takut bangun untuk kencing, ketegangan, gelisah, meskipun dijadwalkan sebelum tidur harus buang air kecil, namun merasa dikantung kemih masih tersisa, jadi beberapa kali buang air kecil. Volume urin dan frekuensi kencing ini secara  umum adalah fisiologis yang alami, umumnya tidak memerlukan perawatan khusus.
Sering buang air kecil dapat disebabkan oleh penyakit. Namun jika sering buang air kecil dapat disebabkan oleh penyakit. Ginjal adalah organ kemih yang berperan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Jika menderita penyakit ginjal dengan gangguan fungsi knsentrasi, maka jumlah air seni relatif meningkat atau bahkan ditandai dengan frekuensi buang air kecil juga meningkat. Ada sebuah gangguan endokrin disebut diabetes insipidus, yang disebabkan oleh tubuh pasien memproduksi yang disebut hormon antidiuretik yang merangsang endokrin.

Merasa sangat haus, sering minum air, urine volume harian pada malam hati sering 4-6 liter, bahkan hingga 10-12 liter urine, tergantung volume umum dari urine dan air minum. Semakin banyak  minum air, pengeluaran urine juga lebih banyak. Ketika karakteristik diabetes insipidus, berat jenis urin kurang dari 1006, sedangkan proporsi urin orang biasanya lebih dari 1010. Diabetes dan sistitis menyebabkan sering buang air kecil.
Dengan diabetes, gula dalam urine meningkatkan tekanan osmostik urin sehingga reabsorpsi tubular air menurun, air seni sering meningkat dalam urine pasien dimaksudkan untuk sering buang air kecil mungkin lebih dari dua puluh kali perhari, malam harus bangun kencing beberapa kali. Diabetes tidak hanya jumlah multi void kali sehari dan malam secara bermakna meningkatkan hasil urine, sehari mencapai jumlah 2 sampai 3 liter, atau bahkan lebih dari 10 liter.
Namun ada beberapa pasien, jumlah void kali meskipun meningkat namun volume urin tidak banyak dan apa yang salah dengan itu? Beberapa pasien mengalami cystitis peradangan kandung kemih karena kapasitas kandung kemih berkurang, pada saat yang sama karena kerentanan untuk merangsang peradangan kandung kemih Ershi, begitu sering berkemih menghasilkan refleks dan jika ada gejala yang jelas dari perubahan frekuensituberkulosis kandung kemih, karena contracture kandung kemih, sehyingga sangat mengurangi kapasitas kandung kemih, serius tentang kapasitas hanya 50 ml, pasien perlu buang air kecil puluhan kali sehari. Sepanjang hari tidak dapat dipisahkan dengan urinior.
Posted in Penyebab Infeksi Saluran Kemih | Tagged  | Leave a comment

Sistem Saluran Kemih

Ginjal menyaring darah dan urin sistemik. Manusia memiliki dua ginjal . Sisi kanan dan sisi kiri dan melalui ureter kiri dan kanan tersambung  ke kandung kemih utama yang memiliki peran penting dalam mnegatur dan menjaga lingkungan tubuh manusia, jumlah dan komposisi cairan tubuh. Anatomi fisiologi ginjal dan unit yang dikenal sebagai unit ginjal, masing-masing unit memiliki dua bagian yaotu Glomerular dan tubular.  Komposisi pleksus kapiler glomerular, kapiler darah dan proses saring melalui kapsul glomerulus dan tubulus ginjal adalah filter darah. Menurut penelitian, dalam keadaan normal per menit, aliran darah melalui ginjal adalah sekitar 600-800 ml, darah seseorang adalah sekitar 1/11 berat badan, sehingga jika seseorang dengan berat 50 kg, ia mempunyai sekitar 4500 ml darah, yaitu setiap 5 sampai 6 menit, ginjal sebagai filter darah tubuh dapat menyaring sekali. Filtrat glomerular per menit adalah 120 ml, 24 jam dari total volume filtrat 170 liter, tetapi 24  jam volume urine normal hanya 1,5 liter cairan yang disaring glomerular, jadi hanya sekitar 1% sebagai urin, 99% dari filtrat dianalisis dengan penyerapan kembali tubulus , untuk menjaga keseimbangan osmotik dalam tubuh dan menyelesaikan berbagai aktifitas fisiologis normal. Hasil reabsorpsi filtrat  glomerular dari tubular tidak keluar melalui ureter ke kandung kemih, biasanya disimpan dalam urin kandung kemih selama beberapa waktu, ia mengamati bahwa ketika volume urine kandung kemih 300-500 ml, dapat menyebabkan refleks ke pusat, sehingga menghasilkan refleks merasa hendak buang air kecil.
Dalam kondisi fisiologis normal dihasilkan berapa banyak urin ? Ini diartikan menjadi dua pola pikir, pertama adalah jumlah urin dan satunya adalah tentang frekuensi buang air kekcil. Pada umumnya, orang satu hari mengeluarkan cairan sekitar 1000-1500 ml masih dianggap normal, tentu saja ini termasuk asupan air, volume keringat dan faktor lainnya. Buang air kecil setidaknya umumnya normal pada siang hari 4 sampai 5 kali. Untuk anak-anak biasanya belum sepenuhnya mengendalikan kencing, buang air kencing perlu untuk cepat, sehingga frekuensinya melebihi orang dewasa.

Posted in Penyebab Infeksi Saluran Kemih | Tagged  | Leave a comment

Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Dibawah ini langkah-langkah pencegahan infeksi saluran kemih :
  • Minumlah banyak air putih setiap hari
  • Jangan sering menahan kencing, untuk perempuan saat membilas basuhlah dari depan ke belakang bukan sebaliknya
  • Pilihlah shower saat mandi dibandingkan dengan bath tub
  • Bersihkan alat kelamin saat akan berhubungan intim
  • Hindari penggunaan cairan yang tidak jelas manfaatnya pada alat kelamin. Cairan ini dapat mengiritasi uretra.
 Pengobatan infkesi saluran kemih atau ISK pada umumnya dapat diobati dengan antibiotik, dan biasanya gejala-gejala infeksi saluran kemih akan menghilang dalam 1-2 hari setelah anda minum antibiotik. Namun dikhawatirkan adanya berbagai efek samping pada pemakaian jangka panjang, seperti kerusakan ginjal. Maka penting menentukan obat yang tepat mengatasi ISK, bukan hanya efektif namun juga tanpa efek samping.

Posted in Penyebab Infeksi Saluran Kemih | Tagged  | Leave a comment

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Dibawah ini ada beberapa gejala infeksi saluran kemih yang harus diketahui :
  • Adanya rasa sakit seperti terbakar saat buang air kecil
  • Buang air kecil lebih sering dari biasanya
  • Buang air kecil tidak tuntas
  • Air seni yang keluar hanya sedikit
  • Air seni keruh atau berdarah
Sebagian besar infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri. Bagian dari sistem saluran kemih yang dapat terinfeksi, yaitu :
  • Ginjal
  • Ureter (saluran kemih bagian dalam yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih)
  • Kandung kemih
  • Uretra (saluran kemih dari kandung kemih keluar tubuh)

Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada semua orang baik pria maupun waniuta. Namun eanita lebih sering menderita infeksi saluran kemih dibanding pria.
Hal ini disebabkan karena perbedaan anatomi tubuh pria dan wanita. Panjang uretra pada wanita lebih pendek daripada pria, selain itu muara uretra pada w anita juga terletak dekat anus . Sehingga bakteri dapat dengan mudah menjangkau saluran kemih dan menyebabkan infeksi.
Hubungan seksua mungkin juga menjadi salah satu penyebab infeksi saluran kemih pada wanita, dikarenakan bakteri dan mikroorganisme dapat terdorong masuk ke uretra. Pemakaian diafragma (alat kontrasepsi pencegah kehamilan) sangat rentan menimbulkan infeksi karena diafragma mendorong uretra secara berlawanan dan membuat uretra lebih sulit untuk mengosongkan kandung kemih dengan sempurna. Sehingga urine atau air seni yang masih tersisa didalam kandung kemih lebih mungkin menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya baktri dan mikroorganisme lainnya yang menyebabkan infeksi.
Posted in Penyebab Infeksi Saluran Kemih | Tagged  | Leave a comment

Infeksi Saluran Kemih

Apabila anda mengalami gejala sering kencing, kencing terasa nyeri dan menetes, disertai rasa sakit dan panas seakan-akan terbakar, gejala ini merupakan kesulitan dalam masalah buang air kecil sehingga urin yang dikeluarkan tidak lancar.  Gangguan ini sering disebut anyang-anyangan. Kondisi ini dapat menyebabkan anda menjadi sangat terganggu bahkan tersiksa karena terlalu sering membuang air kecil. Jika tidak diatasi dapat mengakibatkan gangguan pada ginjal .
Infkesi saluran kemih memang menyakitkan, jika dibiarkan akan menginfeksi ginjal dan menjadi masalah yang serius. Tetapi antibiotik dan obat tradisional China dapat mengatasi infeksi ini dan mencegah perkembangannya menjadi penyakit yang lebih serius.
Ginjal yang terinfeksi umumnya memerlukan antibiotik dalam jangka waktu lebih panjang dan terkadang pasien perlu dirawat dirumah sakit. Namun dikahwatirkan adanya berbagai efek samping pada pemakaian antibiotik jangka panjang, seperti kerusakan ginjal.

Posted in Penyebab Infeksi Saluran Kemih | Tagged  | Leave a comment

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Sebagian besar luka yang terjadi pada saluran kemih hingga menimbulkan infeksi saluran kemih terjadi di sepanjang panggul atau operasi perut, seperti pengangkatan rahim yang bermasalah ( hysterectomy) atau usus (colectomy) atau perbaikan pada aneirysm aortic perut, atau selama ureteroscopy (sebuah penelitian pada saluran kemih menggunakan pipa pelihat yang kaku atau elastis).
Penyebab lainnya dari infeksi saluran kemih yang paling sinkron adalah pernah terkena luka tembak atau tikaman benda tajam yang tepat mengenai bagian panggul sehingga menimbulkan luka berkepanjangan yang berimbas pada infeksi saluran kemih.
Gambar sistem saluran kemih pada wanita
Gambar sistem saluran kemih pada pria
 Jika luka yang mengakibatkan saluran kemih terinfeksi akan menimbulkan komplikasi seperti terbentuknya fistula (penghubung yang tidak normal ke struktur tubuh lainnya), penekanan yang berakibat pada penyempitan saluran kemih, kebocoran air seni dan infeksi yang berlangsung lama pun bisa terjadi.
Luka yang mengakibatkan infeksi ini akan menunjukkan gejala yang dirasakan oleh seorang penderita seperti mengeluhkan rasa sakit pada bagian perut atau panggul (daerah antara tulang rusuk dengan pnaggul), atau terjadi kebocoran air kemih pada luka, selain itu gejala yang menonjol adalah disertai rasa demam tinggi karena infeksi yang disebabkan oleh kebocoran air kemih, terkadang air kemih juga bercampur dengan darah dan hal ini dapat berlangsung cukup lama.
Ketika dilakukan suatu pemeriksaan atau diagnosa pada saluran kemih yang diakibatkan oleh luka jarang sekali menunjukkan gejala, namun sebuah luka yang terjadi pada saluran kemih ini tidak dengan mudah dikenali, ketika dilakukan suatu pemeriksaan atau diagnosis seorang dokter baru dapat menduga sebuah luka ketika seorang penderita menjalani suatu proses operasi luka yang menembus bagian perut atau panggul, usai dengan melakukan perasi pembedahan untuk melihat luka yang mengakibatan infeksi saluran kemih kemudian akan dilakukan tes urine untuk memastikan urine yang terkandung apakah juga mengandung infeksi dari luka tersebut.
Tes inisial seringkali menggunakan computed tomography (CT) dengan pewarna radioaktif (senyawa kontras) atau urography secara infus. Kadangkala, retrograde urography (sebuah sinar X digunakan setelah pewarna radioaktif ditanam langsung ke dalam ujung saluran kemih) kemungkinan dilakukan, kadang kala luka saluran kemih dikenali selama operasi.
Infeksi saluran kemih atau pada kandung kemih ini banyak melanda para wanita terutama mereka yang masih dalam masa reproduktif, beberpa wanita menderita infeksi saluran kemih yang dapat berlangsung secara berulang tanpa diketahui kapan terjadinya.
Umumnya infeksi saluran kemih yang terjadi pada wanita disebabkan oleh adanya kuman dan bakteri dari vagina yang berpindah dari uretra ke kandung kemih yang dapat ditularkan pada pasangan mereka yang terinfeksi ketika melakukan hubungan intim. Namun hal ini juga dapat terjadi karena hubungan ketidak normalan antara kandung kemih dengan vagina (fistula vesikovaginal).
Jika infeksi saluran kemih ini terjadi pada pria disebabkan oleh infeksi uretra yang terlebih dahulu diderita yang kemudian menyebabkan alat reproduksi pria mengalami infeksi pada saluran kemih. Infeksi saluran kemih ini dapat terjadi pada pria karena infeksi uretra yang sudah bergerak maju menuju prostat lalu ke kandung kemih. Namun infeksi saluran kemih ini sangat jarang diderita oleh pria dibanding wanita.
Posted in Penyebab Infeksi Saluran Kemih | Tagged , | Leave a comment

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Kandung kemih yang terjadi di perut bagian bawah yang kemudian membesar dapat diketahui dengan melakukan suatu pemeriksaan seperti urografi intravena, sistografi maupun uretrografi untuk memperkuat diagnosis yang terjadi. Dengan dilakukan pemeriksaan tersebut dapat menunjukkan ukuran ureter dan kandung kemih, batu ginjal, kerusakan ginjal dan fungsi ginjal. Dapat pula melakukan pemeriksaan lewat USG atau sistoskopi, dengan sistem kerja memasukkan kateter melalui uretra untuk mengetahui jumlah air kemih yang tersisa. Untuk mengukur tekanan didalam kandung kemih dan uretra dapat dilakukan dengan cara menghubungkan katetera dengan alat pengukur yang disebut dengan sistometografi.
Terganggunya saluran kemih dapat diobat dengan melihat kandung kemih yang kurang aktif dan kandung kemih yang overaktif. Berikut ini penjelasan secara singkat, diantaranya :
1. Kandung Kemih yang Kurang Aktif
Jika penyebabnya adalah cedera saraf, maka dipasang kateter melalui uretra untuk mengosongkan kandung kemih, baik secara berkesinambungan maupun untuk sementara waktu. Kateter dipasang sesegera mungkin agar otot kandung kemih tidak mengalami kerusakan karena peregangan yang berlebihan dan untuk mencegah infeksi kandung kemih.
Pemasangan kateter secara permanen lebih sedikit menimbulkan masalah pada wanita dibandingkan dengan pria. Pada pria, kateter bisa menyebabkan peradangan uretra dan jaringan di sekitarnya.
2. Kandung Kemih Overaktif
Jika kejang pada saluran keluar kandung kemih menyebabkan pengosongan yang tidak sempurna, maka bisa dipasang kateter. Pada pria lumpuh yang tidak dapat memasang kateternya sendiri, dilakukan pemotongan sfingter (otot seperti cincin yang melingkari lubang) di saluran keluar kandung kemih sehingga proses pengosongan bisa terus berlangsung dan dipasang penampung air kemih.
Bisa diberikan rangsangan listrik pada kandung kemih, saraf yang mengendalikan kandung kemih atau medula spinalis; supaya kandung kemih berkontraksi. Tetapi hal ini masih dalam taraf percobaan. Pemberian obat-obatan bisa memperbaiki fungsi penampungan air kemih oleh kandung kemih. Pengendalian kandung kemih overaktif biasanya bisa diperbaiki dengan obat yang mengendurkan kandung kemih, seperti obat anticholinergik. Tetapi obat ini bisa menimbulkan efek samping berupa mulut kering dan sembelit.
Kadang dilakukan pembedahan untuk mengalirkan air kemih ke suatu lubang eksternal (ostomi) yang dibuat di dinding perut atau untuk menambah ukuran kandung kemih. Air kemih dari ginjal dialirkan ke permukaan tubuh dengan mengambil sebagian kecil usus halus, yang dihubungkan dengan ureter dan disambungkan ke ostomi; air kemih dikumpulkan dalam suatu kantung. Prosedur ini disebut ileal loop.
Penambahan ukuran kandung kemih dilakukan dengan menggunakan sebagian usus dalam suatu prosedur yang disebut sistoplasti augmentasi disertai pemasangan kateter oleh penderita sendiri. Sebagai contoh, sautau hubungan dibuat diantara kandung kemih dan lubang di kulit (verikostomi) sebagai tindakan sementara sampai anak cukup dewasa untuk menjalani pembedahan definitif.
Tindakan-tindakan tersebut dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya batu ginjal. Dilakukan pengawasan ketat terhadap fungsi ginjal. Jika terjadi infeksi, segera diberikan antibiotik. Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 6-8 gelas/hari.
Posted in Penyebab Infeksi Saluran Kemih | Tagged , | Leave a comment

Faktor Resiko Infeksi Saluran Kemih

Jenis penyakit apapun pastinya menimbulkan faktor resiko terhadap timbulnya penyakit lain. Sama halnya dengan infeksi saluran kemih ini menimbulkan faktor resiko terhadap berkembangnya suatu penyakit lainnya, seperti :
1. Wanita lebih cenderung terserang penyakit infeksi saluran kemih dibanding dengan kaum pria.
Hal ini disebabkan oleh faktor-faktor postulasi yang diakibatkan dari tinggi infeksi yang terjadi umumnya di bagian uretra dekat dengan rektrum dan kurang perlindungan pada sekresi prostat dibandingkan dengan pria.
2. Ketidak-normalan struktural dan fungsional.
Mekanisme yang berhubungan termasuk stasis urine yang merupakan media untuk kultur bakteri, refluks urine yang infeksi lebih tinggi pada saluran kemih dan peningkatan tekanan hidrostatik. Contoh : strikur,anomali ketidak sempurnaan hubungan uretero vesicalis.
3. Obstruksi atau gangguan pada prostat
Akibat yang ditimbulkan dari obstruksi atau gangguan pada prostat ini dapat mengakibatkan tumor, hipertofi prostat, calculus, sebab-sebab iatrogenik.
4. Gangguan inervasi kandung kemih
Gangguan pada inervasi kandung kemih ini terjadi pada malfomasi sum-sum tulang belakang kongenital, multiple sklerosis.
5. Penyakit kronis
Dari infeksi saluran kemih yang terjadi juga dapat mengakibatkan pada timbulnya penyakit kronis yang masih memiliki hubungan erat dengan sistem saluran kemih, seperti asam urat, diabetes, hipertensi dan penyakit sickle cell.
6. Instrumentasi
Contoh : prosedur kateterisasi.
7. Penggunaan fenasetin secara terus menerus dan tidak pada tempatnya.
Posted in Penyebab Infeksi Saluran Kemih | Tagged  | Leave a comment

No comments:

Post a Comment