Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Friday, August 1, 2014

Penyebab Janin Terlilit Tali Pusar



Pada ibu hamil, terkadang terdapat beberapa kondisi yang membuat bayi di kandungan harus segera dikeluarkan, salah satunya ketika bayi terlilit tali pusar. Sebenarnya, apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi?

Menurut dr Aryando Pradana, SpOG, hal ini bisa disebabkan karena kondisi tali pusar yang terlalu panjang. Dokter yang akrab disapa dr Nando ini mengatakan pada 20 persen persalinan normal, bisa terjadi lilitan tali pusar satu kali.

"Bahkan dari 0,2 sampai 0,5 persen persalinan normal terdapat lilitan tali pusat tiga kali, sehingga lilitan tali pusat dianggap hal yang normal".

Untuk mencegah hal ini, menurut dokter tidak perlu ada tindakan khusus. Hanya saja yang perlu dilakukan adalah melakukan pengawasan terhadap kesejahteraan janin selama persalinan agar kondisi bayi tetap baik, untuk mengatasi bayi yang terlilit tali pusar, perlu diperhatikan dulu kondisi si ibu dan anak.

"Kalau tali pusarnya panjang tapi masih bisa bersalin normal, ya tidak apa-apa, tapi kalau persalinannya itu ada masalah dan ada risiko lain ya dilakukan caesar. Sekali lagi itu berdasarkan keputusan dokter yang melihat hasil dari pemeriksaan ya," kata dr Dwiana. Lantas, apa yang membuat bayi rentan terlilit tali pusat seperti itu.

"Tidak ada kondisi tertentu yang ditengarai menyebabkan hal ini rentan terjadi." 

No comments:

Post a Comment