Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Sunday, August 10, 2014

Yang Harus Moms Lakukan Ketika Usia Kehamilan 6 Bulan


Yang Harus Moms Lakukan Ketika Usia Kehamilan 6 Bulan
Moms, kehamilan anak pertama tentu akan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap ibu di dunia ini. Ketika memasuki bulan keenam pada masa kehamilan, kondisi bayi dalam kandungan sudah mengembangkan paru-paru yang sudah dapat memproduksi zat yang disebut surfaktan. Tentu saja zat ini sangat penting bagi paru-paru bayi supaya dapat berfungsi dengan maksimal.
Pada bulan keenam ini, kebanyakan wanita akan mengalami beberapa keluhan dan masalah kehamilan seperti merasa mudah lelah, mood swing atau bahkan Moms akan merasa lebih murung dari biasanya. Untuk mengendalikan kondisi tersebut, maka berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu Moms lakukan ketika usia kehamilan menginjak enam bulan.
Gerakan bayi
Ketika Moms mulai merasakan adanya gerakan bayi di dalam rahim Moms, maka saat itu juga Moms akan merasakan pengalaman yang paling menyenangkan yang hanya bisa dirasakan oleh ibu hamil saja. Pada perkembangannya, Moms akan mulai merasakan gerakan bayi dalam perut Moms tersebut ketika usia kehamilan Moms menginjak usia sekitar 18 sampai 20 minggu. Cobalah nikmati keistimewaan ini sehingga mood Moms akan lebih terjaga.
Jalan kaki
Selain untuk berolahraga, ternyata berjalan kaki juga sangat penting untuk kesehatan janin dalam kandungan. Untuk itulah, semenjak usia kandungan Moms menginjak bulan keenam, maka cobalah lebih rutin lagi berjalan-jalan dipagi hari selama 20 sampai 30 menit, kemudian lanjutkan kegiatan ini disore hari. Kegiatan ini sangat baik untuk menstimulus perkembangan otak bayi dan mampu meredakan stress yang kerap dirasakan pada masa ini.
Berendam dalam air hangat
Untuk melepaskan semua kepenatan dan stress yang Moms alami, maka Moms bisa berendam air hangat selama beberapa saat. Ibu hamil harus benar-benar merasa santai dan juga berlatih untuk bernapas dalam-dalam ketika mereka berbaring di dalam bak mandi, kegiatan ini juga dapat  membantu untuk meringankan kaki yang bengkak dan memperlancar peredaran darah Moms.
Berkomunikasi
Ketika usia kehamilan Moms telah menginjak usia enam bulan, pendengaran bayi dalam kandungan sebenarnya telah berkembang dengan baik. Moms bisa mulai mengajak bayi bicara ataupun hanya sekedar memperdengarkan musik klasik kepadanya dan mendongengkan untuknya sebagai salah satu cara untuk menstimulus perkembangan bayi.

No comments:

Post a Comment