Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Sunday, August 10, 2014

Senam Kegel Demi Kelancaran Melahirkan


Yuk Senam Kegel Demi Kelancaran Melahirkan
Kondisi hamil, bukanlah alasan untuk Moms berhenti olahraga. Olahraga sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungan Moms. Banyak jenis olahraga yang bisa Moms lakukan selama masa kehamilan ini, diantaranya Moms bisa melakukan senam kegel.
Senam kegel merupakan latihan kontraksi kecil yang terjadi di dalam otot dasar panggul Moms yang akan menguatkan area uretra Moms, kandung kemih, area rahim dan juga dubur. Dengan senam kegel, maka Moms akan memiliki otot yang elastis dan dapat membuat otot-otot dalam tubuh Moms lebih kuat sehingga Moms akan lebih siap dalam menghadapi proses persalinan.
Seperti yang dilansir dari laman website babycenter, berikut beberapa manfaat senam kegel jika dilakukan dengan cara yang tepat.
Menguatkan Otot Panggul
Seperti telah disebutkan diatas, senam kegel ini berguna untuk menguatkan otot-otot dasar panggul Moms sehingga sirkulasi darah di sekitar daerah vagina dan juga dubur akan berlangsung lebih lancar dan tentunya lebih teratur. Dengan otot panggul yang kuat maka waktu mengejan yang akan dibutuhkan oleh ibu hamil ketika melahirkan akan lebih singkat dan juga lebih mudah
Mencegah terjadinya Hemorrhoid
Salah satu penyakit yang paling sering terjadi kepada ibu hamil adalah Hemorrhoid atau wasir yang merupakan penyakit yang sangat sederhana dan pastinya sering ditemui di sekitar kita. Tetapi penyakit ini dapat mengakibatkan kematian jika tidak ditanggulangi dengan baik karena hemorrhoid itu dapat beresiko pecah. Senam kegel akan membantu hemorrhoid Moms tetap sehat dan normal.
Mempercepat Penyembuhan Episiotomy
Manfaat ketiga senam kegel bagi ibu hamil adalah untuk mempercepat penyembuhan luka hasil metode episiotomy yang akan dirasakan ibu hamil selama masa proses persalinan berlangsung. Episiotomi sendiri merupakan salah satu prosedur persalinan normal yang dilakukan dengan cara membuat irisan antara area perineum dan badan perineal. Sebuah fakta mengatakan bahwa prosedur ini sangat membantu ibu hamil dan bayi selama proses persalinan.

No comments:

Post a Comment