Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Sunday, August 10, 2014

Makanan Sehat yang Tidak Boleh Diberikan Kepada Bayi


Makanan Sehat yang Tidak Boleh Diberikan Kepada Bayi
Sistem pencernaan bayi memang belum sekuat orang dewasa. Moms harus mengerti makanan apa saja yang tidak seharusnya diberikan kepada bayi Moms. Selain sistem pencernaan, ternyata organ tubuh lainnya pun masih belum siap untuk menerima nutrisi ataupun vitamin tertentu dari makanan-makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa.
Makanan yang akan Membuat Bayi Tersedak
Moms harus menghindarkan makanan yang dapat membuat bayi Moms tersedak. Biskuit dewasa, berbagai kacang-kacangan ataupun makanan kecil-kecil yang terlau keras dan marshmallow. Berikan makanan yang lebih lunak dengan tekstur yang lembut serta aman dikonsumsi bayi.
Sirup Jagung dan Madu
Walaupun sangat berguna untuk balita dan orang dewasa, jangan pernah berikan madu dan sirup jagung pada bayi moms. Madu dan juga sirup jagung mengandung spora clostridium botulinum yang jika diberikan pada bayi ternyata dapat membuat spora clostridium botulinum berkembang biak di bagian usus bayi Moms tersebut. Spora tersebut dapat menyebabkan botulisme atau sebuah kondisi dimana bayi akan mengalami keracunan makanan.
Buah Berasa Asam
Moms pasti pernah melihat video bayi yang diberikan jeruk nipis atau lemon oleh orang tuanya. Jangan pernah berikan buah berasa asam pada bayi kita ya moms.  Pemberian buah yang rasanya asam hanya boleh dilakukan untuk anak yang berusia diatas 1 tahun saja. Rasa asam dari buah-buahan tersebut akan mengganggu pencernaan bayi Moms dan besar kemungkinan akan menyebabkan diare.
Makanan Padat
Belum waktunya bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan mengonsumsi makanan padat, pada usia tersebut sangat dianjurkan bayi hanya mengonsumsi ASI saja. Bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan masih memiliki sisitem pencernaan yang rapuh dan akan merusak sisitem pencernaan bayi terutama lambung dan usus.
Makanan Pedas
Pastinya kebanyakan orangtua sudah mengerti tentang hal ini. Karena selain mereka pasti akan menangis karena merasa kepedasan dengan makanan tersebut, ternyata makanan pedas juga akan membuat saluran pencernaan bayi Moms terganggu dan bayi juga akan merasa tidak nyaman karena makanan tersebut.

No comments:

Post a Comment