Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Sunday, August 10, 2014

Senam Hamil


Yuk Senam Hamil
Banyak sekali gerakan senam yang bisa Moms lakukan selama masa kehamilan, beberapa diantaranya adalah senam yang berisi beberapa gerakan untuk melatih tubuh untuk mampu menerima beban bobot dari bayi dalam kandungan Moms. Gerakan senam hamil ini pada dasarnya dapat dilakukan sejak dini, terutama untuk melatih pernapasan dan juga melatih kelenturan otot perut Moms dengan tujuan untuk mengurangi keluhan akibat semakin membesarnya bobot janin bayi dalam kandungan.
Banyak sekali manfaat yang bisa Moms dapatkan dengan jalan sering melakukan senam hamil ini.
Mengatasi Rasa sakit Pada Punggung
Beberapa keluhan yang paling sering dialami wanita hamil adalah rasa sakit pada tulang belakang dan juga area tulang bokong, dan bahkan beberapa ibu hamil dapat merasakan sering terjadi kram pada kaki mereka. Maka dari itu, senam hamil disarankan untuk Moms lakukan, selain untuk melatih kekuatan fisik, ternyata senam hamil bertujuan juga untuk melatih keseimbangan jiwa wanita hamil yang memang cenderung mudah terkena stress.
Mengatasi Kelelahan
Senam hamil juga dapat mengatasi berbagai kondisi ibu hamil yang memang sangat mudah lelah dan berpengaruh pada kondisi psikologi ibu hamil itu sendiri. Pada umumnya ibu hamil akan memiliki perubahan mood yang cepat sekali berubah dan pastinya akan timbul kekhawatiran dalam menghadapi persalinan yang akan datang.
Sebagai Latihan Relaksasi
Senam bayi juga dapat memberikan relaksasi dalam bentuk latihan pernapasan yang ringan akan tetapi dinilai cukup efektif. Selain akan membuat ibu hamil merasa lebih rileks juga dalam persalinan dimana rasa sakit untuk bernafas ketika melahirkan dengan metode normal akan sedikit berkurang. Selain itu manfaat senam hamil juga dapat mempercepat pembentukan kembali tubuh Moms setelah melewati proses persalinan.
Mencegah Terjadinya Stretchmark
Ibu hamil dapat mencegah kemungkinan besar terjadinya stretchmark pada area perut yang umumnya dialami oleh kebanyakan wanita hamil. Dengan senam kehamilan ini, dapat menguatkan otot panggul dan juga otot perut untuk Moms yang ingin melakukan persalinan secara normal. Selain itu senam hamil juga dapat mengurangi frekuensi buang air kecil dengan cara melatih otot-otot sekitar saluran kencing kuat.
Untuk melakukan senam hamil, Moms sangat disarankan melakukannya secara bertahap. Hal tersebut karena saat ini yang menjadi fokus utama Moms adalah kenyamanan. Ibu hamil wajib untuk terus memperhatikan kondisi kesehatan dan tidak diperbolehkan untuk melakukan senam hamil ini secara berlebihan.
Jika Moms sudah merasa kelelahan, maka segeralah beristirahat dan jangan memaksakan diri untuk terus melakukan senam ini sepanjang hari.

No comments:

Post a Comment