Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Sunday, August 10, 2014

Cara Terbaik Memompa ASI Perah


Cara Terbaik Memompa ASI Perah
Belakangan ini para Moms sering merasa perlu memerah dan juga mempelajari cara memompa ASI yang maksimal saat Moms yang bekerja sudah memasuki masa kerja kembali setelah mereka menikmati cuti melahirkan. Tentu saja dengan memompa ASI, maka kebutuhan bayi Moms tersebut akan tetap dapat terpenuhi dengan baik sehingga bekerja bukanlah menjadi halangan besar untuk terus memberikan ASI secara eksklusif untuk sang buah hati.
ASI Perah tersebut dapat Moms peroleh dengan cara memompa ASI dengan tangan ataupun memompa ASI dengan alat pompa ASI khusus dengan model manual ataupun alat pompa ASI yang elektrik. Akan tetapi, tetap saja ibu yang baru akan kesulitan untuk memompa ASI tersebut karena mereka belum terbiasa. Kegiatan memompa ASI ini dapat juga dilakukan bersama-sama dengan suami Moms, hal ini bertujuan supaya suami Moms juga dapat turut merasakan hubungan spesial ibu dan juga anak dari proses cara memompa ASI tersebut sehingga dampak positifnya akan semakin nyata dalam hubungan yang harmonis dalam keluarga dan lebih hangat.
Cara Memompa ASI dengan Tangan
Selain dengan berbagai bantuan alat yang tersedia di pasaran, Moms juga dapat melakukan kegiatan memompa ASI ini dengan metode tradisional, yaitu hanya dengan menggunakan tangan saja dengan cara:
  1. Mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun antiseptik dan air.
  2. Kompreslah payudara Moms dengan handuk lembut yang sudah dimasukan ke dalam air hangat.
  3. Siapkan wadah khusus, bisa berupa mangkuk ataupun gelas dan juga kain lap bersih di bawah payudara untuk mencegah ASI yang tumpah mengotori pakaian Moms.
  4. Cobalah untuk memulai pijatan dengan lembut dengan arah usapan dari pangkal payudara ke puting dan lakukan terus berulang-ulang sampai ASI keluar.
Cara Memompa ASI Menggunakan Alat Pompa Manual atau Pompa ASI Elektrik
Selain dengan cara tradisional di atas, Moms juga bisa menggunakan alat pompa ASI baik yang elektrik ataupun manual. Berikut cara memompa ASI menggunakan alat pemompa ASI.
  1. Mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun antiseptik dan air
  2. Cuci botol penyimpanan ASI yang biasanya sudah tersedia dan juga bagian-bagian dari pompa ASI tersebut dengan menggunakan air panas dan sabun antiseptik khusus, bilas bersih dan keringkan.
  3. Setelah itu kompres payudara Moms dengan handuk hangat sambil dipijat dengan halus searah menuju ke puting sampai ASI terlihat keluar.
  4. Setelah keluar maka masukan alat pompa kemudian lanjutkan memompa ASI menggunakan alat tersebut.

No comments:

Post a Comment