Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Monday, September 22, 2014

Tips melahirkan normal

Tips melahirkan normal memang banyak dicari oleh calon ibu muda dalam menghadapi peristiwa yang sangat dinanti-nanti yaitu persalinan. Ketika telah mendekati masa persalinan muncul berbagai perasaan seperti cemas, takut atau bahkan merasa belum siap. Berbagai cerita mengenai rasa sakit ketika melahirkan justru kerap kali menjadi teror psikis tersendiri bagi ibu yang tengah hamil.
Oleh karena itu supaya calon ibu bisa merasa lebih tenang, maka berikut ini kami informasikan kepada anda mengenai beberapa tips melahirkan normal dan lancar.

Tips Melahirkan Normal Dan Lancar

tips melahirkan normal Tips Melahirkan Normal Dan Lancar
- Jagalah kesehatan
Dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta minum susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil, maka demikian ini bisa menjaga kesehatan ibu hamil dan proses persalinan bisa berjalan dengan normal. Akan tetapi jangan bermalas-malasan karena justru otot anda menjadi tidak terlatih.
- Siapkan posisi bayi anda
Pada saat memasuki usia tua kehamilan, sebaiknya mulailah dengan mempersiapkan posisi bayi supaya siap untuk keluar. Posisi yang tepat yaitu bagian kepala bayi berada di bawah. Jadi anda bisa melakukan latihan seperti bersujud dengan posisi lutut lebih rendah untuk membantu bayi turun.
- Lakukan olahraga ringan
Membiasakan jalan kaki di pagi hari merupakan olahraga yang aman bagi ibu hamil dan hal ini telah dibuktikan sejak jaman dahulu untuk melancarkan proses persalinan.
- Lakukan terapi pijat
Sudah sejak dahulu terapi pijat dipercaya bisa mengurangi risiko kesulitan ketika melahirkan. Akan tetapi terapi ini juga harus dilakukan oleh terapis yang telah berpengalaman dan juga dilakukan hanya di bagian yang aman bagi ibu hamil.
- Berupayalah untuk selalu rileks
Membiasakan diri untuk mendengarkan musik klasik bisa membantu anda untuk tetap dalam keadaan yang rileks. Hal ini dapat mengurangi rasa ketakutan saat melahirkan kelak.
- Tetap aktif walaupun terjadi kontraksi
Upayakan jangan langsung merebahkan diri di ranjang ketika terjadi kontraksi. Usahakan tubuh anda tetap tegak supaya posisi bayi turun sehingga mempercepat proses pembukaan.
- Menambah energi
Ketika terjadi kontraksi, maka tubuh akan cepat kehilangan energi. Untuk itulah sebaiknya upayakan tetap makan dan juga minum pada saat ada jeda kontraksi, sehingga tubuh tidak kekurangan energi.
- Tarik nafas panjang ketika terjadi kontraksi
Upayakan untuk tidak bernafas tergesa-gesa. Jadi cobalah untuk menarik nafas panjang dan kemudian hembuskan secara pelan-pelan. Teknik ini bisa mengurangi nyeri yang dirasakan.
- Konsultasi ke dokter kandungan secara rutin
Dengan selalu berkonsultasi ke dokter mengenai perkembangan kehamilan yang di alami, hal ini bisa memberikan jaminan supaya anda selalu sehat dan siap untuk menghadapi proses persalinan.

No comments:

Post a Comment