Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Sunday, September 21, 2014

Tips Melahirkan Normal


1. Persiapan posisi. Proses ini dilakukan agar pada saat tiba waktu melahirkan, bayi bisa dengan mudah keluar dari rahim ibu. Cara yang banyak dilakukan adalah dengan sering melakukan posisi sujud, karena hal ini akan memposisikan bayi pada letak yang memudahkannya meluncur. 
2. Naik turun tangga merupakan hal yang dianjurkan. Tentu intensitasnya tidak boleh terlalu sering dan juga harus dilakukan dengan hati-hati. Tujuannya memudahkan janin untuk bisa segera turun dan berada pada posisi kelahiran.

3. Hindari tidur yang terlalu sering, terutama pada siang hari. Sebab, hal ini akan memicu terjadinya pendarahan.

4. Tetap tenang. Biasanya, kelahiran pertama akan menimbulkan kepanikan. Perlu diketahui bahwa jarak antara kontraksi pertama dan proses kelahiran membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga Anda masih akan memiliki waktu cukup untuk pergi kerumah sakit terdekat. 

5. Pada saat proses melahirkan, seorang ibu akan membutuhkanenergi yang cukup banyak. Oleh karenanya selama persalinan sebaiknya tetap diberikan asupan sebagai penambah tenaga.
6. Mengatur pernafasan. Pada saat kontraksi, biasanya seorang ibu akan mengambil nafas secara pendek dan terburu-buru. Ini adalah hal salah. Sebaiknya tarik nafas panjang serta hembuskan secara perlahan-lahan. Hal ini akan bermanfaat dalam meredakan ketegangan syaraf dan memberikan relaksasi.
7. Teknik mengejan. Pada saat mengejan, tarik nafas yang panjang, lalu hembuskan bersama waktu mengejan. Jangan pernah mengejan sambil menahan nafas. Selain akan menimbulkan kehabisan nafas, hal tersebut akan menjadikan seorang ibu akan menjadi lebih cepat lelah dan kehabisan nafas.
TIPS Menghindari robekan jalan Lahir :

  • Sering2 latihan KEGEL biar liang vagina lebih lentur dan lunak.
  • Sering jongkok, agar paha, panggul serta bagian kewanitaan lebih terlatih.
  • Bayi tidak terlalu besar
  • Sabar dan ga keburu-buru mengejan saat persalinan berlangsung, biarkan kepala bayi turun dengan santai, pasti dan tidak membuat robekan pada jalan lahir.
  • Saat Persalinan, rileks, tidak tegang, tersenyum dan melemaskan rahang mulut bagian bawah, karena ada hubungan antara rahang bawah dengan vagina.
  • Yang paling penting !!! Saat persalinan, jangan angkat pantat anda ke kanan dan kekiri, letakkan saja pantat anda di tempat tidur. Tetap tenang dan terkendali, mintapada penolong persalinan anda agar mengingatkan anda.
  • terakhir dari pihak penolong persalinan, bila si penolong sabar, dan menahan perineum (bag,kewanitaan anda) dengan kuat dan terkendali, sangat dmungkinkan anda tidak mengalami robekan. Keterampilan sangat dibutuhkan disini.



No comments:

Post a Comment