Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Monday, September 22, 2014

10 Cara Agar Proses Persalinan Normal

Bagi seorang ibu persalinan normal tentu lebih mengesankan dibandingkan persalinan Caesar. Dan hal inilah yang selalu diinginkan oleh setiap ibu menjelang proses persalinan. Akan tetapi tidak semua ibu mampu melahirkan secara normal karena kondisi tertentu. Dibutuhkan persiapan yang matang untuk dapat melahirkan secara normal dan selamat.
•    Membiasakan diri untuk berpikir positif sejak awal masa kehamilan
Pikiran seorang ibu akan sangat mempengaruhi kesehatan janin yang dikandung. Apabila ibu memikirkan hal-hal yang negative akan memicu depresi yang membahayakan keadaan janin. Mengawali masa kehamilan dengan selalu berpikir positif adalah salah satu cara untuk mempersiapkan diri melakukan proses persalinan normal.


•    Persiapan fisik

Ibu hamil perlu mempersiapkan keadaan fisik dengan baik seperti pernafasan, tekanan darah dan kekuatan tulang serta otot panggul. Karena persiapan fisik salah satu dari 3 kunci sukses melahirkan secara normal. Untuk mempersiapkan fisik dengan baik bisa mengikuti senam untuk ibu hamil atau yoga.


•    Rutin memeriksakan diri

Memeriksakan diri secara rutin memudahkan ibu untuk mengetahui perkembangan janin yang dikandung. Apabila terjadi keanehan pada janin bisa dilakukan tindakan lebih dini demi kebaikan janin dan ibu hamil.


•    Gaya hidup sehat sejak dini sebelum masuk masa kehamilan

Ibu yang sehat akan melahirkan bayi yang sehat juga. Prinsip inilah yang seharusnya dipegang oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan kandungannya dengan baik. Sehingga keinginan untuk dapat menjalani proses persalinan normal bisa terwujud.


•    Berbagi pengalaman

Sangat penting bagi ibu hamil untuk belajar pengalaman dari wanita yang sudah pernah menjalani persalinan. Pengalaman  menjadi tambahan pengetahuan sebagai bekal dalam menghadapi proses persalinan.


•    Tidak panik

Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk selalu bersikap tenang dan tidak panik selama menghadapi proses persalinan. Melakukan pengaturan nafas bisa mengurangi kepanikan menghadapi proses persalinan normal.


•    Komunikasi yang baik dengan bidan atau dokter

Hal ini akan mencairkan suasana tegang dan mengurangi rasa sakit pada saat proses persalinan normal.


•    Asupan makanan yang cukup

Pada saat proses persalinan, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan ringan dan minuman hangat menjelang persalinan. Tepatnya pada saat terjadinya kontraksi. Minuman hangat  membantu ibu untuk tetap merasa rileks dan makanan akan membantu selama waktu mengejan pada proses persalinan normal. Sebaiknya juga jangan mengkonsumsi ramuan atau pun obat-obatan yang jutsru membahayakan janin

No comments:

Post a Comment