Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Wednesday, September 17, 2014

Cara Menaikan Barat Badan Bayi Dalam Kandungan

Cara Menaikan Barat Badan Bayi Dalam Kandungan
Untuk mengetahui berat badan bayi yang masih di dalam kandungan sebenarnya tidak dapat diprediksi melalui seberapa besar ukuran perut ibu tersebut saat sedang hamil. Dan biasanya ibu hamil yang tidak ingin bayinya lahir dengan berat badan rendah maka akan melakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter kandungan dapat mengetahui berapa berat badan janin yang masih di dalam kandungan.  Jika saat pemeriksaan USG tersebut Anda mendapati berat badan janin masih rendah, maka jangan panik dan khawatir, karena Anda masih bisa menambah berat badannya dengan melakukan hal-hal berikut ini
Seperti yang disarankan oleh dokter, ibu hamil harus mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, yakni lemak tak jenuh berantai pendek dan bukan lemak trans serta memenuhi kebutuhan kalsium selama masa kehamilannya. Nah, untuk menambah berat badan janin yang masih dalam kandungan sebaiknya ibu hamil memperbanyak konsumsi makanan seperti kacang hijau, ice cream,  alpukat, kacang-kacangan, ikan, susu, oatmeal dan juga minyak ikan. Karena di dalam minyak ikan sendiri biasanya sudah terkandung suplemen multivitamin yang sangat baik untuk ibu hamil.
Selain mengkonsumsi makanan seperti di atas ibu hamil juga harus menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan berat badan bayi rendah, seperti yang dikutip dari Pregnancy bahwa penyebab umum bayi lahir dengan berat badan rendah yakni karena si ibu mengonsumsi alkohol,  terlalu banyak menghirup asap rokok, penggunaan obat-obatan, gizi buruk, stres, ketakutan berlebihan, dan  juga adanya kelainan genetik yang terjadi pada ibu hamil tersebut.
Nah, dengan faktor-faktor  seperti di atas tentu saja dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah dan akan rentan terhadap berbagai penyakit.  Maka untuk mencegah bayi lahir dengan  berat badan rendah atau kurang, sebaiknya ibu hamil menghindari hal-hal seperti di atas dan memperbanyak  mengkonsumsi makanan yang bergizi dan  seimbang, serta akan lebih baik jika disertai dengan olahraga yang baik untuk ibu hamil agar kesegaran dan kebugaran tubuh dapat tetap terjaga.
Di bawah ini adalah cara untuk menambah berat badan bayi yang masih di dalam rahin atau kandungan :
1.    Minumlah susu hamil setiap pagi dan sore hari atau sebelum tidur
2.    Perbanyak konsumsi buah-buahan setiap hari
3.    Konsumsi juga daging ayam atau sapi untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh
4.    Perbanyak konsumsi ikan laut sepeti salmon, tenggiri dan lain sebagianya
5.    Minum juga suplemen atau multivitamin yang diresepkan dokter
6.    Hindari konsumsi minuman soda
7.    Hindari makanan pedas
8.    Perbanyak minum air putih dan olahraga seimbang

Itulah beberapa hal yang dapat membantu menaikan berat badan bayi di dalam rahim atau kandungan, karena dengan berat badan bayi yang normal maka pada saat persalinan kelak bayi akan terhindar dari kemungkinan bayi lahir prematur , berat badan rendah dan pesalinan akan berjalan lancar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk menaikan berat badan janin yang kurang. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment