Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Tuesday, October 14, 2014

Meningkatkan produksi ASI

Lactagogue atau laktogog adalah makanan, minuman atau jamu-jamuan khusus yang diyakini orang bisa meningkatkan suplai ASI. Laktogog tidak bekerja seperti obat, tapi bisa membantu seorang wanita merasa percaya diri dan rileks, jadi substansinya adalah kepercayaan dapat meningkatkan produksi ASI.Ketika kita merasa ASI berkurang, kadang kita berfikir untuk mengkonsumsi obat atau makanan lain yang menurut kepercayaan masyarakat dapat meningkatkan produksi ASI, hal ini tidak salah tetapi juga kita tau bahwa menyusui adalah proses supply and demand sehingga bayi tetap perlu sering menyusu untuk meningkatkan pasokan ASI yang baik, bila tidak maka obat dan juga laktogog menjadi tidak efektif
Beberapa hal lain yg perlu dilakukan sebagai langkah awal  adalah: Melakukan perunutan riwayat menyusui pada anak dan ibu,untuk mengevaluasi apakah produksi ASI dan transfer ASI ke bayi cukup untuk mempertahankan suplai yang adekuat. Jadi, sebaiknya kita mengidentifikasi dan mengatasi semua faktor yang mempengaruhi rendahnya produksi ASI sehingga hal yang kita lakukan memberikan hasil yang baik.
Torbangun atau Ajeran (sunda) dan Canim (Jawa Tengah)
Torbangun atau Ajeran (sunda) dan Canim (Jawa Tengah)
Apa saja yang bisa digunakan sebagai Lactagogue? Semua makanan, obat, herbal yg dipercaya  dapat meningkatkan produksi ASI itu adalah laktogog.
Obat yg diketahui memiliki efek sebagai laktogog adalah Metokloperamid & Domperidone yang merupakan obat mual, selain itu juga ada Oksitosin nasal spray yang berperan untuk meningkatkan Let Down Reflect (LDR) saat LDR ibu terhalang oleh rasa nyeri dan stress.
funugreek - foto: fenugreek.in
funugreek – foto: fenugreek.in
Makanan yg terbukti secara ilmiah sebagai laktogog adalah Fenugreek dan Torbangun. Fenugreek sulit dicari di Indonesia.  NCBI didapatkan hasil penelitian dosen IPB tentang Torbangun. Orang sunda menyebut Torbangun dengan nama Ajeran sedangkan orang Jawa Tengah menamakannya Canim ternyata terbukti dapat meningkatkan produksi ASI.
Nah, karena yg dapat menjadi laktogog mayoritas adalah sugesti. Maka apa booster ASImu? Share ya..

No comments:

Post a Comment