Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Thursday, November 19, 2015

Cara Efektif Mendisiplin Anak



Kekerasan fisik bisa menyebabkan keseimbangan emosi anak terganggu, perilaku 'liar', & dapat berlanjut ke kekerasan fisik.

3 disiplin efektif dibandingkan memukul, yaitu:

1. Mendiamkan atau memberikan mereka merenungi kesalahannya lalu berkomunikasi
2. Memberikan anak tugas rumah tambahan.
3. Melarang melakukan aktivitas favoritnya untuk sementara. Cth: melarang bermain internet dan menonton teve selama seminggu.

Kekerasan memang bukan solusi terbaik. Karena kekerasan dapat membuat anak cenderung mudah stres dan tidak percaya diri. Kuncinya adalah konsistensi. Lebih banyak dampak negatif dari kekerasan fisik. Pelajaran yang didapat anak justru, jika sedang marah pada seseorang, kita diperbolehkan untuk memukul.

Kuncinya adalah memiliki beragam bentuk hukuman yang tergantung pada usia anak. Pada anak yang masih di bawah 5 tahun, lebih baik diberi hukuman dengan mendiamkannya. Sedangkan bagi anak yang berusia di atas lima tahun, akan lebih baik jika diberi hukuman tambahan tugas rumah dan tidak diizinkan melakukan aktivitas favorit anak untuk sementara. 

No comments:

Post a Comment