Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Friday, January 29, 2016

Menstimulasi Anak Berbicara.

Cara Menstimulasi Anak Berbicara:

1. Banyaklah Berbicara Kepada Anak
Katakan setiap hal kepada anak, hal apapun mulai dari ketika bangun pagi saat si kecil baru membuka matanya, kemudian saat dikecil akan mandi, menonton Tv, ceritakan dan berikan gambaran apa yang ditonton, bicarakan mengenai hal apapun yang anda lalui bersamanya, mereka akan mulai mengikuti dan merespon setiap percakapan yang kita buat.

2. Berikan Kesempatan Anak  Merespon
Ciptakan perbincangan mengenai hal apapun  & berikan kesempatan padanya merespon apa yang anda katakan, mengungkapkan apa yang ingin ia katakan, melihat usahanya mengatakan sesuatu dalam bentuk ocehan, selalu beri stimulasi berulang-ulang.

3. Bernyanyi
Suara musik dan runtuyan nada yang indah, menstimulasi anak berbicara, bernyanyi untuk memperkenalkan berbagai variasi suara pada anak-anak, sangat menyenangkan, anda bisa bernyanyi-nyanyi setiap pagi atau ketika memandikan si kecil. Disadari atau tidak lagu-lagu yang anda nyanyikan akan mulai direkam oleh sikecil dan lambat laun mereka akan mulai meniru untuk mengeluarkan suara.

4. Pengulangan
Semakin sering mendengar banyak kata yang terus-menerus diulangi maka akan membuat kemungkinan anak untuk meniru lebih besar, seringlah mengulang kata-kata yang anda ucapkan. Dengan demikian anak-anak akan mulai menyerap perkataan yang anda sebutkan dan mulai meniru perkataan tersbeut.

5. Berikan Anak Pujian
Ketika anak berhasil menyebutkan sebuah kosa kata dari mulutnya. Meskipun itu hanya kosa kata yang sederhana seperti menyebutkan 'ba', maka berikanlah ia sebuah pujian, agar merasa dihargai dan ingin berusaha untuk mengeluarkan kosa kata lain.


No comments:

Post a Comment