Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Sunday, January 24, 2016

Cara mengelola perilaku anak yang super aktif

Anak yang super aktif cirinya tidak bisa diam seringkali melompat-lompat, jangan khawatir, umumnya setiap anak yang berusia 2-3 tahun memiliki kebiasaan seperti ini akan tetapi apabila melebihi rentan waktu tersebut maka dapat dikarenakan pola asuh orang tua.


Cara mengelola perilaku anak yang super aktif:

  1. Memberikan kasih sayang lebih dengan perilaku sederhana saat bad mood agar tenang sekaligus mengajarkannya mencintai dengan cara yang menyenangkan pada keluarga.
  2. Beri kegiatan seru dengan kegiatan kreatif, seperti menari, mengikuti tingkah tokoh-tokoh favoritnya, mengenal hewan dan tumbuhan.
  3. Awasi tetapi tidak membatasi, menjaganya terhindari dari benda berbahaya
  4. Dengarkan mereka, dengan bercerita, berikan waktu untuknya bercerita. Hindari memarahi anak, selain akan mengganggu psikologi anak. Memarahi anak yang aktif tidak akan membuatnya terkendali.
  5. Temukan kegiatan yang disukainya/bakat sepeerti mengikuti kelas khusus berenang, berkebun atau bermain dengan hewan peliharaan, beri pengarahan dan pengetahuan baru padanya

Pola asuh yang optimal dalam masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga  tumbuh-kembang optimal pula, mengajarkan anak tanpa membuatnya terpaksa, lakukan berulang-ulang membuatnya bersabar dan memberikan kasih sayang yang cukup pada anak sangat penting dalam perkembangan secara psikis, meluangkan waktu dengan anak membuatnya tenang, mendapatkan perlindungan mengenal lingkungan yang membuatnya nyaman.




No comments:

Post a Comment