Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Wednesday, December 3, 2014

USia berapa bayi sudah bisa tengkurap

Usia berapa bayi sudah bisa tengkurap sendiri dan bagaimana agar saat tengkurap bayi tidak bosan. 
A. Tengkurap adalah aktvitas bayi yang wajib dilatih sejak usia sebulan. Jangan takut menengkurapkan bayi karena dapat melatih kekuatan leher, punggung dan tentu saja otot-otot tubuh bagian atas lainnya.
Tapi memang, bayi tidak suka berlama-lama dalam posisi tengkurap apalagi untuk yang masih belajar. Rasa bosan menjadi penyebab bayi sering rewel bila berada pada posisi tengkurap cukup lama. Padahal idealnya bayi tengkurap selama 15 menit dalam sehari. Disarankan, agar kamu bisa membagi waktu tersebut menjadi beberapa kesempatan. Bila bayi mulai merasa nggak nyaman, bantu si kecil untuk mengubah posisinya menjadi telentang atau angkat dan gendong. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bayi nggak bosan dan rewel ketika dilatih tengkurap.
Beri Kesempatan Berkali-Kali
Mulai melatih bayi tengkurap ketika bayi bangun tidur. Tak perlu lama, hanya lima menit. Kamu bisa tengkurapkan bayi tepat di atas perutmu karena dengan posisi ini bayi akan merasa nyaman. Bayi bisa menatap langsung wajah ekspresimu. Biarkan bayi melatih dirinya sendiri untuk menjaga keseimbangan. Lihat reaksi bayi yang senang dan ingin berlama-lama berada di atas perut kamu dengan posisi tengkurap. Manfaat yang bisa kamu rasakan adalah tercipta bonding yang kuat antara kamu dan si kecil karena bisa saling interaksi dengan saling menatap.
Siapkan Mainan Warna Warni
Punya maina bola? Ya, kamu bisa menggunakan bola kecil untuk menarik perhatian bayi agar nyaman ketika dalam posisi tengkurap. Taruh mainan berwarna cerah di depan bayi dan biarkan ia berusaha meraihnya. Posisi tengkurap sangat membantu bayi untuk merangsang kemampuan mengangkat badannya dan bergerak mengambil mainan yang ada di hadapannya.
Bermain Peran
Untuk membuat bayi tertarik akan satu aktivitas,  kamu memang harus memiliki banyak akal. Salah satunya kamu bisa mengajak bayi bermain peran. Meniru suara binatang merupakan ide yang tepat untuk menarik perhatian anak. Anak-anak selalu suka dengan permainan ini. Jangan kaget kalau bayi akan tertawa karena mimik wajahmu.
Gunakan Cermin
Ambil cermin kecil dan letakkan di depan bayi. Biarkan bayi melihat dirinya sendiri yang sedang dalam posisi tengkurap. Karena pada dasarnya bayi selalu senang melihat dirinya sendiri. Cermin akan membantu kamu untuk bisa membuat bayi tidak rewel ketika posisi tengkurap karena bayi bisa bereksplorasi dengan pantulan dirinya di cermin.
Coba Terus
Memiliki bayi kamu harus ekstra sabar dan kerja keras saat mengajarkan satu aktivitas. Rasa bosan pasti akan ditunjukkan si bayi. Bahkan bayi juga bisa ngambek loh Moms, dengan menangis sebagai aksi protes untuk hal yang tidak ingin dilakukan. Jangan dulu patah arang ya, cobalah terus dan mencari ide menarik agar bayi nyaman saat kamu posisikan tengkurap. Kesabaran dan kegigihan kamu akan membuahkan hasil yang manis kok, Moms. Si kecil pasti akan menikmati posisi tengkurap dan telentang dengan tanpa bantuan. Hingga satu hari nanti bayi mungil kamu sudah pandai berguling sendiri.

No comments:

Post a Comment