Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Wednesday, December 3, 2014

Kapan Bayi Bisa Tengkurap? Atau Berapa Usia Bayi Tengkurap?

Bayi Tengkurap

Tengkurap adalah fase perkembangan bayidasar yang lazim dilalui oleh sebagian besar anak sebelum duduk atau merangkak. Pertanyaannya kapan bayi bisa tengkurapsendiri? Atau usia berapa bayi bisa tengkurap ? Meskipun ada bayi yang sudah mulai tengkurap saat usianya menginjak 2 bulan atau bahkan 1 bulan, tetapi pada umumnya bayi bisa tengkurap sendiri saat berumur 3 – 6 bulan. Itu artinya, fase tengkurap setiap bayi berbeda-beda dan tidak bisa disamakan satu dengan yang lain.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa bayi A dan B waktu tengkurapnya tidak sama, yang salah satunya karena dipengaruhi oleh berat badan bayi itu sendiri. Biasanya bayi yang berat badannya gemuk/montok akan mengalami kesulitan untuk bergerak, sehingga bayi malas tengkurap. Sebaliknya untuk bayi yang berat badannya kecil, justru lebih cepat tengkurap, karena berat badannya ringan.
Jadi, jika anak teman atau tetangga Anda di usia 3 bulan sudah bisa tengkurap sendiri, sementara anak Anda di usia 4 bulan belum bisa tengkurap tak perlu khawatir yang berlebih karena masih ada waktu untuk bayi belajar tengkurap. Namun, apabila di saat bayi Anda berumur 6 bulan lebih, bayi belum juga mau belajar tengkurap sendiri, maka Anda patut waspada. Terlebih bila balita Anda memiliki ciri-ciri seperti berikut ini:
  • Tangan dan kaki bayi tidak aktif bergerak.
  • Tangan belum mampu memegang sesuatu.
  • Kepala dan leher bayi tidak bisa tegak, baik pada saat ditengkurapkan atau digendong dalam posisi berdiri.
  • Bayi belum mau memiring-miringkan tubuhnya sama sekali.
  • Berat badan bayi tidak terlalu gemuk.
Melatih Bayi Tengkurap
Meski ada bayi yang secara mandiri bisa tengkurep sendiri, namun bukan berarti Anda sebagai orang tua tidak perlu melatih bayi untuk tengkurap. Anda tetap dianjurkan untuk melatih bayi tengkurap agar  perkembangan motoriknya bisa terpantau sesuai dengan usianya. Berikut adalah beberapa cara untuk melatih bayi tengkurap:
  • Ketika menyusui sambil tidur, biarkan bayi Anda meraih payudara ibu sendiri.
  • Gunakan mainan yang bersuara di samping bayi untuk memancingnya bergerak ke kanan atau kiri.
  • Bantulah bayi Anda memiringkan badannya, sambil sedikit menyilangkan kakinya, hingga ia mau tengkurap sendiri.
  • Biasakan meletakkan bayi tengkurap meski hanya sebentar, lalu telentangkan kembali badannya sambil diarahkan posisinya dengan benar.
  • Membiasakan bayi tidur tengkurep juga bisa merangsang bayi tengkurap sendiri.

No comments:

Post a Comment