Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Wednesday, April 22, 2015

Diet Ibu Menyusui

Ibu menyusui juga dapat melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan kembali langsing setelah melahirkan. Dengan catatan, diet yang dilakukan adalah diet sehat”. Sebenarnya diet ibu menyusui memiliki sedikit kesamaan dengan diet-diet pada umumnya. Hanya saja, Ibu menyusui yang melakukan diet haruslah berhati-hati dan teliti dikarenakan para ibu menyusui harus tetap memberikan gizi dan nutrisi maksimal kepada anak melalui ASI meskipun dalam program diet.

Survey dan penelitian menunjukkan bahwa ibu menyusui mampu membakar kalori sekitar 300-500 kkal per hari. Artinya, ibu menyusui mampu memicu penurunan berat badannya. Akan tetapi tidak semua ibu menyusui bisa mengalami hal ini, ada banyak ibu menyusui yang justru memiliki tubuh yang bertambah lebar saat menyusui.

Bagaimana cara dan tips melakukan diet ibu menyusui agar langsing?

Perbanyak konsumsi zat besi
Zat besi tidak saja berguna untuk membantu pembentukanhemoglobin dan fungsi otak si kecil, akan tetapi juga sangat membantu dalam program diet Anda. Apa saja makanan yang mengandung zat besi?
Daging merah
Daging diperbolehkan untuk masuk dalam daftar makanan diet Anda. Sebab daging mengandung  zat besi yang cukup tinggi. Dengan catatan, pastikan untuk memilih daging merah tanpa lemak.
Telur
Selain mengandung banyak mineral dan vitamin, telur juga mengandung zat besi. Telur juga menjadi salah satu makanan yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan protein gandum.
Bayam
Selain nikmat untuk ditumis, bayam juga nikmat untuk dilalap dengan sambal. Bayam ternyata mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan mata. Dan sayur berdaun hijau ini juga terkenal mengandung banyak zat besi di dalamnya.
Daun singkong
Sayur santan atau lalapan daun singkong bisa juga Anda masukkan ke dalam daftar makanan saat Anda diet. Daun singkong tidak saja memiliki kandungan zat besi yang tinggi, tetapi juga mengandung protein, vitamin A dan C.

Perbanyak konsumsi protein
Ibu menyusui sangat  disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein untuk menyeimbangkan antara diet dengan kesehatan si anak. Berikut ini beberapa makanan yang sangat baik bila dikonsumsi  agar mendapatkan protein.
Tahu
Tahu adalah makanan yang sangat mudah kita dapatkan. Perlu Anda ketahui bahwa tahu bisa menjadi alternatif pengganti protein hewani.
Ayam tanpa kulit
Meskipun sedang melakukan diet, Anda tetap bisa mengkonsumsi ayam tanpa kulit. Karena  faktanya adalah ayam tanpa kulit mengandung banyak protein. Usahakan tidak menyajikan ayam tanpa kulit ini dengan digoreng, karena mengandung akan mengandung banyak lemak. Lebih baik jika disajikannya dalam bentuk sup yang dicampur dengan sayur-sayuran segar.

 

 

 

Perbanyak minum air putih.
Ibu menyusui sangat membutuhkan banyak cairan. Dan cairan itu bisa didapatkan dengan menhkonsumsi banyak air putih, minima 8 gelas per hari. Minum banyak air putih juga dapat memberi manfaat untuk menurunkan berat badan sehingga tubuh bisa langsing kembali. Selain itu, air putih juga dapat memperlambat penuaan.

Perbanyak konsumsi buah-buahan.
Mengonsumsi buah-buahan tidak saja memberikan kesegaran tersendiri bagi pelaku diet ibu menyusui, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi si anak. Selain itu, buah-buahan juga mengandung vitamin yang juga sangat membantu program diet sehat.
Buah-buahan yang baik untuk diet ibu menyusui, misalnya:
Bluberi
Buah bluberi bisa dikonsumsi sebagai jus. Bluberi  tidak saja kaya akan vitamin, tetapi juga kaya mineral dan karbohidrat yang dapat menjaga tingkat energi dalam tubuh.
Jeruk
Vitamin C sangat dibutuhkan oleh Ibu menyususi. Ibu menyusui sangat memerlukan vitamin C lebih banyak dari ibu hamil. Salah satu buah yang kaya kandungan vitamin C adalah buah jeruk.
Pepaya
Pepaya adalah buah yang kaya akan air dan sangat membantu memperlancar asi. Pepaya juga merupakan buah yang rendah kolesterol.

No comments:

Post a Comment