Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Monday, December 14, 2015

Cara mengeluarkan serangga di dalam telinga




Cara mengeluarkan serangga di dalam telinga dengan cara yang benar dan aman seperti di bawah ini:

1. Letakkan kepala anda di atas bak mandi atau westafel dan posisi telinga yang kemasukkan serangga menghadap ke atas

2. Masukkan baby oil atau minyak zaitun ke dalam telinga yang bermasalah tersebut. Kemudian tarik perlahan daun telinga anda agar gelembung udara dalam telinga menghilang. Biarkan selama kurang lebih 2 menit agar serangga yang berada dalam telinga tenggelam di minyak tersebut, sehingga serangga akan lebih mudah untuk dikeluarkan dari dalam telinga.

3. Setelah 2 menit. Masukkan air hangat yang bersih ke dalam telinga anda secara perlahan, kemudian miringkan kepala anda dengan posisi telinga yang bermasalah mengahadap ke bawah agar minyak, air, dan serangga dalam telinga anda keluar.

4. Perhatikan serangga yang keluar dari dalam telinga anda. Jika bagian tubuh serangga tidak utuh atau sebagian masih tertinggal di dalam telinga anda. anda dapat mengulangi lagi langkah-langkah sebelumnya hingga semua bagian serangga yang tersisa keluar semua.

Beberapa cara lain yang dapat dicoba untuk mengeluarkan semut dari telinga yaitu :

  • Dengan mengarahkan cahaya seperti lampu senter ke bagian telinga yang kemasukan semut & maka semut itu keluar sendiri karena semut mencari sumber cahaya.
  • Tutup telinga yang sebelahnya/telinga yang tidak di masuki semut agar ia kehabisan O2 dan keluar dari lubang telinga yang sama
  • Daun telinga di olesi air liur, beberapa detik kemudian, semut itu akan keluar dengan sendirinya.
  • Masukkan air yang sudah direndam tembakau
  • Beri minyak kayu putih atau minyak yang berbau tajam di belakang daun telinga, semut takut dengan minyak yang baunya tajam sesaat kemudian dia akan keluar sendiri
  • Letakkan daun pisang & di selipkan di daun telinga
  • Bersihkan Telinga pake cotton bud dibasahi Baby Oil
  • Dinding telinga di olesi miyak kayu putih maka dengan sendirinya semut itu akan keluar.
  • Jika serangga tidak juga dapat keluar, langkah terakhir adalah mengunjungi dokter THT untuk mendapatkan bantuan medis. Dokter THT akan membantu anda mengeluarkan serangga tersebut dengan cara yang aman dan terjamin kebersihannya.


Untuk mematikan serangga terlebih dahulu, anda dapat memasukkan cairan antiseptik pada telinga anda. Jangan gunakan alkohol sebagai pelarut untuk mengeluarkan serangga dalam telinga anda. hal tersebut akan membuat telinga anda mengalami iritasi.

Jika hal tersebut dialami oleh anak-anak dibawah usia 10 tahun, anda dapat melakukan langkah pertama dengan cara memberikan syrup penurun panas terlebih dahulu agar rasa sakit pada telinga anak anda berkurang. Sebaiknya anda harus tetap tenang menghadapinya agar anak anda tidak ikut panik dan menjadi ketakutan. Segeralah membawa anak anda ke dokter THT agar segera mendapatkan pertolongan medis

No comments:

Post a Comment