Motherhood is one of the greatest adventures that a woman will experience but it doesn’t come without its challenges.You know you’re a mother when your child throws up and you run to catch it before it hits the rug. We grow, deliver and nourish our babies and then worry about them for the rest of our lives

Wednesday, May 27, 2015

Cara Membujuk Bayi Makan

Beberapa cara membujuk bayi makan minimal beberapa suapan:
Bagaimana urutan memperkenalkan makanan bayi (MPASI) yang baik?
1. Mainan berbunyi : Bayi didudukan di kursi makan bayi (high chair), lalu berikan mainan di mejanya. Setiap kali ia bosan dengan mainan yang ada, saya harus menggantinya dengan mainan yang lain. Mainan yang berbunyi lebih menarik perhatiannya dan ketika ia lengah, ia lebih mudah membuka mulut ketika sendok ditempelkan ke ujung bibirnya.
2. Tayangan film kartun : Bayi duduk di high chair sambil menikmati tayangan kartun, sehingga ia membuka mulut tanpa sadar ketika kita mendekatkan sendok ke mulutnya.
3. Membuatnya melihat ke atas : gunakan mainan atau benda yang menarik perhatian bayi agar ia melihat ke atas. Ketika mulutnya terbuka, masukkan sendok berisi makanannya.
4. Ringtone HP : Bunyikan ringtone HP dan pegang HP agak tinggi agar si bayi melihat ke atas sambil membuka mulut.
5. Untuk bayi yang senang menggigit benda apapun di sekitarnya, berikan mainan yang bisa digigit untuk memancing gigitannya. Ketika ia siap memasukkan mainan tersebut ke mulutnya, secepatnya masukkan sendok berisi makanan ke mulutnya.
6. Tepuk tangan : Cara ini butuh bantuan orang lain untuk bertepuk tangan sambil berkata, “Horeeeee”, sementara Anda menyuguhkan sendok berisi makanan ke mulut si bayi.
7. Cara nomor 6 tidak berhasil? Coba deh lebih banyak orang yang bertepuk tangan dan menyebutkan “horeee”.
8. Makan bersama : Bayi susah makan sering tergugah nafsu makannya ketika melihat orang lain makan. Cobalah Anda sambil makan ketika menyuapinya. Atau, minta bantuan orang lain untuk makan di hadapan bayi Anda, dan Anda harus sigap menyuapinya ketika ia mulai menganga karena ‘latah’ melihat orang lain menyuap makanan.
9. Menu selang-seling : Bila bayi susah makan, mungkin karena bosan dengan rasa makanan yang sama pada setiap suapannya. Cobalah sesuap bubur / nasi tim, lalu suapan berikutnya puree buah, lalu begitu terus selang seling sehingga ia tidak bosan.
10. Rasa : Bayi susah makan mungkin karena ia tidak suka dengan rasa makanannya. Walaupun banyak yang melarang adanya tambahan garam atau kecap pada makanan bayi, saya terpaksa menambahkannya agar makanan tersebut sedap. Kadang, saya tambahkan juga bawang goreng agar wangi. Yang saya hindari hanyalah MSG saja.
11. Makan setelah mandi : air hangat  membuat peredaran darah lebih lancar dan memicu rasa lapar. Walaupun bunda lebih senang memandikan bayi setelah ia makan, kadang kala bayi susah makan jadi lebih bernafsu makan setelah ia mandi.
12. Air putih : Kadang bayi melakukan aksi tutup mulut setelah beberapa suapan. Cobalah tawarkan air putih sedikit, lalu berikan lagi suapan berikutnya.
13. Dekatkan dengan hidangan yang harum : Suapi bayi susah makan di hadapan makanan lezat yang masih mengepulkan asap. Keharuman masakan tersebut akan menggugah bayi susah makan jadi nafsu makan.
14. Menyuapi dengan tangan : terkadang, menyuapi bayi susah makan dengan tangan lebih mudah daripada dengan sendok.
15. Variasi sendok : ganti-ganti sendok yang digunakan, agar ia tertarik untuk mencoba sendok baru.

No comments:

Post a Comment